SKRIPSI

Penulis / NIM
EKSARMAN LADONDO / 411413007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK Eksarman Ladondo, 411413007. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Persamaan Kuadrat dikelas X SMA Negeri 1 Kabila. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing: (1) Prof.Dr. Evi Hulukati, M.Pd, (2) Dewi Rahmawati Isa, S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA-2 di sekolah SMA Negeri 1 Kabila sebanyak 36 orang. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika dalam bentuk soal uraian pada materi program linear. Untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika digunakan 4 indikator yaitu: (1) kemampuan memahami masalah, (2) kemampuan merencanakan penyelesaian masalah, (3) kemampuan menyelesaikan masalah, dan (4) Melihat kembali hasil dari pemecahan masalah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi persamaan kuadrat tergolong kategori sedang yaitu mencapai 76,89 %. Untuk indikator pertama mengidentifikasi masalah, terdapat 86,71 % berada pada kategori tinggi, 11,42 % berada pada kategori sedang, dan 11,42 % berada pada kategori rendah. Untuk indikator kemampuan merencanakan penyelesaian masalah yaitu, 67,71 % berada pada tinggi, 22,85 % berada pada kategori sedang dan 11,42 % berada pada kategori rendah. Indikator kemampuan menyelesaikan masalah yaitu 25,71 % berada pada kategori tinggi, 28,57 % berada pada kategori sedang, dan 45,71 % berada pada kategori rendah. Indikator memeriksa kembali hasil penyelesaian masalah yaitu 22,85% pada kategori tinggi, 11,42 % berada pada kategori sedang dan 65,71 % berada pada kategori rendah Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Persamaan Kuadrat ABSTRACT Ladondo, Eksarman. 411413007. The Analysis of Students' Mathematical Problem-Solving Skills in Quadratic Equation Learning Material at Grade X SMA Negeri 1 Kabila. Undergraduate Thesis. Gorontalo. Department of Mathematics. Study Program of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Principal Supervisor: Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd. Co-Supervisor: Dewi Rahmawati Isa, S.Si, M.Pd This research is intended to describe students' mathematical problem-solving skills in quadratic equation learning material at Grade X SMA Negeri 1 Kabila. This descriptive research involved 36 students of Grade X IPA SMA Negeri 1 Kabila as the research subject. The data were collected from essay test and interview of mathematical problem-solving skills in quadratic equation. There are four indicators to observe mathematical problem-solving skills, including (1) skills in understanding the problem, (2) skills in planning the problem solving, (3) skills in solving the problem, and (4) rechecking the result of problem-solving. The results reveal that students' mathematical problem-solving skills in quadratic equation learning material is in the moderate level of 76.89% The first indicator of identifying the problem achieves 86.71% in the high category, 11.42% in the moderate category, and 11.42% in the low category. The indicator of planning the problem solving arrives at 67.71% in the high category, 22.85% in the moderate category, and 11.42% in the low category. The indicator of solving the problem reaches 25.71% in the high category, 28.57% in the moderate category, and 45.71% in the low category. The indicator of rechecking the problem solving gets 22.85% in the high category, 11.42% in the moderate category, and 65.71% in the low category. Keywords: Mathematical Problem Solving Skills, Quadratic Equation
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011