Penulis / NIM
MOHAMAD RIZAL DUNGGIO / 411413015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Rizal Dunggio , 2017. Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Suatu Penelitian di SMP Negeri 3 Limboto Barat). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Prof.Dr. H. Syamsu Q Badu, M.Pd (2) Khardiyawan A.Y Pauweni, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kemampuan penalaran matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII di SMP Negeri 3 Limboto Barat. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan penalaran matematika siswa antara lain (1) Kemampuan memahami masalah, (2) Kemampuan merancang model matematika, (3) Kemampuan memperkirakan jawaban dan proses solusi, (4) Kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar dan diagram dan (5) Kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan. Teknik pengumpulan data terdiri dari , tes tertulis berbentuk uraian, dan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai kemampuan penalaran matematika siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Limboto Barat yang telah mempelajari materi sistem persamaan linear dua variabel pada semester genap pada tahun ajaran 2016. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ Verifikasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Limboto Barat pada materi sistem persamaan linear dua variabel tergolong sedang. Hal ini disebabkan karena secara umum siswa hanya mampu memenuhi sebagian indikator kemampuan penalaran matematika atau belum memenuhi seluruh indikator kemampuan penalaran matematika yang diukur dalam penelitian ini. Indikator yang paling banyak tidak dipenuhi oleh siswa adalah indikator I yaitu memahami masalah dan indikator II yaitu merancang model matematika.
Kata kunci : Kemampuan Penalaran Matematika, SPLDV
Download berkas