Penulis / NIM
SITI LAILAN KOEM / 411413017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK
Siti Lailan Koem, NIM. 411413017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2017.
Pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, (2) Nurwan, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas XI SMA Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga sebanyak 11 kelas. Sampel penelitian sebanyak 30 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika dalam bentuk tes essay pada materi Program Linear. Untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika digunakan 4 indikator yaitu : (a) memahami masalah, (b) merumuskan model matematika atau menyusun model matematika, (c) menerapkan strategi untuk menyelesaikan masalah, (d) menjelaskan atau menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemecahan masalah matematika pada materi Program Linear tergolong kategori rendah. Untuk indikator memahami masalah terdapat 10 % pada kategori sangat tinggi, 20% berada pada kategori tinggi, 10 % berada pada kategori sedang dan 60 % berada pada kategori rendah. Untuk indikator kemampuan merumuskan masalah matematika atau menyusun model matematika yaitu 3,33 % berada pada kategori sangat tinggi, 10% berada pada kategori tinggi, 10 % berada pada kategori sedang dan 76,67 % berada pada kategori rendah. Indikator kemampuan menerapkan strategi untuk menyelesaikan masalah yaitu 3,33 % berada pada kategori sedang, 96,67 % berada pada kategori rendah, dan tidak terdapat siswa untuk kategori sangat tinggi dan kategori tinggi. Dan untuk indikator kemampuan menjelaskan atau menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah yaitu 10 % berada pada kategori sangat tinggi, 90 % berada pada kategori rendah, dan tidak terdapat siswa yang berada pada kategori tinggi dan kategori sedang.
Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Program Linear
Download berkas