Penulis / NIM
LAILA Y. DAI / 411413022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
ABSTRAK
Laila Y. Dai, NIM. 411413022. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads (SNH) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Limas Kelas VIII SMP Negeri 1 Limboto Barat ". SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017.
Dibimbing Oleh : (I) Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd (II) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads (SNH) dengan kemampuan komunikasi matematis yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada materi limas. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VIII semester genap tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Limboto Barat. Sampel penelitian diambil secara Simple Random Sampling, terpilih dua kelas yakni kelas VIII-1 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads (SNH) dan kelas VIII-2 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Instrument pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan komunikasi matematik berbentuk tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads (SNH) lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction).
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SNH, Limas
ABSTRACT
Laila Y. Dai, Student ID. 411413022. "The Influence of Structured Numbered Heads (SNH) Learning Model toward Mathematical Communication Ability on Pyramid Topic Class VIII of SMP Negeri 1 Limboto Barat". Skripsi. Department of Mathematics Education. Faculty of Mathematics and Natural Science. State University of Gorontalo. 2017.
Principal supervisor is Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd and Co-supervisor is Drs. Sumarno Ismail, M.Pd.
The research aims at understanding mathematical communication ability of students who were treated by structured numbered heads learning model and direct instruction model on pyramid topic. The reseach applied experimental method to students at class VIII in even semester of 2016/2017 academic year. It applied posttest only control group design. Research population was students at class VIII of SMP Negeri 1 Limboto Barat. Sampling was completed by simple random sampling and there were two classes selected such as VIII-1 class which was treated by SNH learning model while VIII-2 class was treated by direct instruction model. Research instrument was test on mathematical communication ability which was delivered in essay form. Findings reveal that mathematical communication ability of students through the application SNH learning model was higher than direct instruction model.
Keywords: mathematical Communication Ability, Structured Numbered Heads Learning Model, Pyramid
Download berkas