SKRIPSI

Penulis / NIM
EKA AULIYAH IBRAHIM / 411413027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK Eka Auliyah Ibrahim. NIM. 411413027. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di SMP Kelas VIII. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2018. Pembimbing : (1). Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd (2). Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Gorontalo. Sampel penelitian adalah kelas VIII-3 yang dibelajarkan dengan pendekatan Open-Ended dan kelas VIII-1 yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional yang diambil secara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakann instrument tes kemampuan berpikir kritis matematis yang berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis yang dibelajarkan dengan pendekatan Open-Ended lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis matematis yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Pendekatan Open-Ended, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ABSTRACT Ibrahim, Eka Auliyah. Student ID. 411413027. The Influence of Open-Ended Approach towards Students' Mathematical Critical Thinking Skill in System of Linear Equation in Two Variables Learning Material at Grade VIII, Junior High School SMP. Undergraduate Thesis. Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Universitas Negeri Gorontalo, 2018. Principal Supervisor: Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd. Co-Supervisor: Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd This research aims to find out whether or not the Open-Ended approach is able to improve students' mathematical critical thinking skill in System of Linear Equation in Two Variables learning material. This research employed experimental method conducted in the first semester of grade VIII Junior High School SMP Negeri 14 Gorontalo, academic year of 2017/2018; it involved all students in the site area as the research population. The samples were taken by Simple Random Sampling. Open-Ended learning approach was employed for grade VIII-3 and conventional learning was used for the grade VIII-1. The data were collected from essay test of mathematical critical thinking skill. The result indicates that students who are taught by Open-Ended learning approach have higher mathematical critical thinking skill than those who study with the conventional approach. Keywords: Mathematical Critical Thinking Skill, Open-Ended Approach, System of Linear Equation in Two Variables
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011