Penulis / NIM
MUH. RIZAL KIDJAB / 411413036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
RESMAWAN, S.Pd., M.Si / 0013048801
Abstrak
ABSTRAK
Muh Rizal Kidjab, 411413036, 2018. Deskripsi Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Resmawan, S.Pd., M.Si
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika antara lain: (1) mampu bertanggung jawab, (2) memiliki kedisiplinan, (3) mampu bekerja sendiri, (4) memiliki inisiatif, dan (5) memiliki kepercayaan diri. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket dan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G, VIII H, VIII I, dan VIII J SMP Negeri 1 Kabila yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Adapun, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentasi kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika dengan predikat tinggi sebesar 17,39 %, predikat sedang sebesar 56,52 %, dan predikat rendah sebesar 26,09 %. Berdasarkan analisis yang dilakukan diketahui faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika antara lain, ketidakmampuan siswa dalam menilai diri sendiri serta kurangnya inisiatif diri.
Kata kunci: Kemandirian Belajar, Pembelajaran Matematika
ABSTRACT
Kidjab, Muh. Rizal, 411413036, 2018. The Description of the students' independence in learning Mathematics at Grade VIII of Junior High School SMP Negeri 1 Kabila. Undergraduate Thesis. Gorontalo. Department of Mathematics. Study Program of Mathematics Education. Faculty of Mathematics and Natural Science. Universitas Negeri Gorontalo.
Principal Supervisor: Drs. Sumarno Ismail, M.Pd. Co-supervisor: Resmawan, S.Pd., M.Si
This research is a descriptive research with a qualitative approach that aims to describe the independence of students in learning mathematics at class VIII Junior High school SMP. The Indicators used to describe students' indolence in this study are: (1) be responsible, (2) have high discipline, (3) be independent (4) be initiative, and (5) have high confidence. The instruments employed for collecting data are questionnaires and interviews in order to have deeper information regarding the issue. This quantitative study involved students of grade VIII A, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G, VIII H, VIII I, and VIII J which acquired by simple random technique. Moreover, the techniques of this study are data reduction, data presentation, and conclusion/verification. Based on the study results, it is obtained that the high predicate percentage is 17.39%, the medium predicate percentage is 56.52%, and the low predicate is 26.09%. The main factors that affect the students' independence are the inability of students in self-assessing and lack of self-initiative.
Keywords: The independence of Learning, Mathematics learning
Download berkas