Penulis / NIM
RONAL HASAN / 411413040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK
Ronal Hasan. NIM. 411 413 040. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di Kelas X SMA Negeri 1 Popayato.
SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2018.
Pembimbing : (1). Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd (2). Khardiyawan A. Y. Pauweni, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi kemampuan pemecahan masalah matematis dari siswa yang dibelajarkan dengan Metode Pembelajaran Problem Solving dan Metode Pembelajaran Ekspositori. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 1 Popayato pada semester ganjil tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 212 orang dan tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas X-1 dan X-2 yang diambil secara acak dari populasi. Kedua kelas ini diberi perlakuan yang berbeda, yaitu kelas yang dibelajarkan dengan Metode Pembelajaran Problem Solving dan Metode Pembelajaran Ekspositori. Data penelitian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis dikumpulkan menggunakan instrument tes bentuk uraian. Analisis data menggunakan data uji-t dua sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dari siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dari Ekspositori. Temuan ini menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran Problem Solving lebih unggul dalam membelajarkan materi Trigonometri daripada Metode Pembelajaran Ekspositori.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Metode Pembelajaran Problem Solving, Metode Pembelajaran Ekspositori.
Download berkas