Penulis / NIM
RIDEL PAPUTUNGAN / 411413041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK
Ridel Paputungan, 411413041, 2018. Deskripsi kemampuan pemecahan masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMK Negeri 1 Limboto. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd, (2) Nursiya Bito, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMK Negeri 1 Limboto. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas X Akuntansi 1 tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika dalam bentuk tes essay pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika digunakan 4 indikator yaitu : (a) memahami masalah, (b) merencanakan pemecahan masalah, (c) menyelesaikan masalah, (d) menjelaskan atau menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemecahan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua variabel tergolong kategori sedang. Untuk indikator memahami masalah terdapat 31,82 % pada kategori sangat tinggi, 31,82% berada pada kategori tinggi, 13,64 % berada pada kategori sedang dan 22,73 % berada pada kategori rendah. Untuk indikator kemampuan merencanakan pemecahan masalah yaitu 54,55 % berada pada kategori sangat tinggi, 4,55% berada pada kategori tinggi, 40,91 % berada pada kategori rendah dan tidak terdpa siswa pada kategori tinggi. Indikator kemampuan menyelesaikan masalah yaitu 31,82 % pada kategori sangat tinggi, 45,45% berada pada kategori tinggi, 9,09 % berada pada kategori sedang dan 13,64 % berada pada kategori rendah. Dan untuk indikator kemampuan menjelaskan atau menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah yaitu 22,73 % pada kategori sangat tinggi, 9,09% berada pada kategori tinggi, 13,64 % berada pada kategori sedang dan 54,55 % berada pada kategori rendah.
Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linear
Download berkas