Penulis / NIM
SURAHMAN KADAI / 411413044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
Surahman Kadai. 411413044. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Negeri 3 Limboto Barat Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Dibimbing Oleh : (I) Drs. Perry Zakaria, M.Pd (II) Dra. Lailany Yahya, M.Si
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi persamaan garis lurus dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.
Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII-A di SMP Negeri 3 Limboto Barat tahun ajaran 2019/2020. Hasil test awal dikelas VIII-A rata-rata untuk tiap indikator masih tergolong rendah.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil observasi kegiatan guru mencapai 67,09%, observasi aktivitas peserta didik mencapai 53,11% dan tes hasil belajar peserta didik mencapai 37,80%. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 94,29%, observasi aktivitas peserta didik mencapai 96,11%, sedangkan tes hasil belajar peserta didik mencapai 82,76%.
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning telah optimal, hal ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik di kelas VIII-A SMP Negeri 3 Limboto Barat pada materi Persamaan Garis Lurus.
Kata Kunci : Persamaan Garis Lurus, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning
Download berkas