Penulis / NIM
APRILISTIAWATI R. DAUD / 411413046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK
Aprilistiawati R. Daud, NIM. 411413046. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Di Kelas VII MTs Al-Khairaat Kwandang. Skripsi. Gororontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2017.
Pembimbing : (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd, (2) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika dari siswa kelas VII MTs Al-Khairaat Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dengan populasi seluruh siswa kelas VII MTs Al-Khairaat Kwandang sebanyak 3 kelas. Sampel penelitian sebanyak 21 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika dalam bentuk tes essay dengan soal berbentuk soal open-ended pada materi segiempat dan wawancara untuk memperoleh keterangan dan informasi secara lebih mendalam mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada soal open-ended materi segiempat. Untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika digunakan 4 indikator yaitu : (a) memahami masalah, (b) merencanakan pemecahan masalah, (c) melakukan penyelesaian masalah, (d) melakukan pemeriksaan kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) kemampuan penyelesaian soal open-ended terdapat 11 siswa di atas dari nilai rata-rata dan 10 siswa berada di bawah dari nilai rata-rata dengan nilai rata-rata yakni 61,21. (b) kemampuan pemecahan masalah matematika terdapat 12 siswa yang berada di atas dari rata-rata skor dan 9 siswa yang berada di bawah dari rata-rata skor dengan rata-rata skor 37,76. (c) kemampuan memahami masalah terdapat 4,76% berada pada kategori tinggi, 80,95% berada pada kategori sedang dan 14,29% berada pada kategori rendah. (d) kemampuan merencanakan pemecahan masalah terdapat 9,52% berada pada kategori tinggi, 61,90% berada pada kategori sedang dan 28,57% berada pada kategori rendah. (e) kemampuan melakuka penyelesaian masalah terdapat 14,29% berada pada kategori tinggi, 76,19% berada pada kategori rendah dan 9,52% berada pada kategori rendah. (f) kemampuan melakukan pemeriksaan kembali terdapat 9,52% berada pada kategori tinggi, 76,19% berada pada kategori sedang, dan 14,29% berada pada kategori rendah.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Soal Open-Ended, Segiempat
Download berkas