Penulis / NIM
YULAN SAMAUN / 411413047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK
Yulan Samaun. NIM. 411413047. Pengaruh Model Course Review Horay Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Trigonometri dikelas X SMK Negeri 1 Limboto
SKRIPSI.Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2018.
Pembimbing :(1). Drs. Perry Zakaria, M.Pd (2). Nursiya Bitto, S.Pd M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah dengan model Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi Trigonometri. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas X semester genap tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Limboto. Sampel penelitian adalah kelas X ADP-1 yang dibelajarkan dengan model Course Review Horay dan kelas X ADP-2 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yang diambil secara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakann instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kemampuan pemahaman konsep matematis yang dibelajarkan dengan model Course Review Horay lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Kemampuan pemahaman konsep Matematis, model Course Review Horay, Trigonometri
ABSTRACT
Samaun,Yulan. Student ID: 411413047. The Effect of ..."Course Review Horay Learning Model on the Ability to Understand Mathematical Concepts in Trigonometric Material at Grade X Vocational School of SMK 1 Limboto
Undergraduate Thesis.Department of Mathematics Education.Faculty of Mathematics and Science.Universitas Negeri Gorontalo, 2018.
Principal;l Supervisor: Drs. Perry Zakaria, M.Pd. Co-supervisor: Nursiya Bitto, S.Pd M.Pd
This study aims to obtain information on whether or not the Course Review Horaylearning model can improve the ability to understand mathematical concepts in Trigonometry material. The methodology is experimental research conducted at class X second semester in the academicyear of 2017/2018. Therefore, the research design used in this study wasthe post-test control group design. The population in this study was all students of class X Vocational High School of SMK 1 Limboto. The research sample was class X ADP-1 which was taught with the Course Review Horaylearning model and class X ADP-2 which was taught by the direct learning model taken by simple random sampling. Data collection was further carried out by using test instruments to understand mathematical concepts in the form of essays. The results showed that there was an ability to understand mathematical concepts learned by the Course Review Horaylearning model higher than the ability to understand mathematical concepts learned by direct learning models.
Keywords: The ability to understand a mathematical concept, Course Review Horaylearning model, Trigonometry
Download berkas