SKRIPSI

Penulis / NIM
STEVEN S. PAKAYA / 411413050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
ABSTRAK Steven S. Pakaya, 411413050. 2019 Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis di Kelas IX Materi Kesebangunan dan Kekongruenan SMP Negeri 1 Limboto Tahun Ajaran 2018. Skripsi. Gorontalo. Prodi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: 1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd., 2) Drs. Franky A. Oroh, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis kelas IX SMPN 1 Limboto. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan Subjek peneleitiannya adalah kelas IX SMPN 1 Limboto pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis dalam bentuk soal uraian pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Untuk melihat kemampuan komunikasi matematis digunakan 3 indikator yaitu: (a) Menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram kedalam ide matematika, (b) Menyelesaikan ide matematika dalam bentuk tulisan, dan (c) Menuliskan penjelasan dari jawaban permasalahannya secara matematis, masuk akal dan jelas serta tersusun secara logis dan sistematis. Teknik pengumpulan data terdiri dari, tes tertulis berbentuk uraian pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk memperdalam informasi mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian adalah kelas IX-3 SMPN 1 Limboto yang telah mempelajari materi kesebangunan dan kekongruenan pada semester ganjil tahun ajaran 2018. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskripsi dan standar devias. Berdasarkan Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis pada materi kesebangunan dan kekonguenan tergolong kategori sedang. Hal ini dikarenakan siswa cenderung sulit mengungkapkan gagasannya atau ide matematika dan menafsirkan soal dalam bentuk tulisan sehingga siswa sulit mengatasi atau mengkomunikasikan penyelesaian dari soal yang diberikan. Indikator yang paling banyak tidak dipenuhi oleh siswa adalah indikator 1 yaitu menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram kedalam ide matematika. Kata kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Kesebangunan dan Kekongruenan ABSTRACT Pakaya, Steven S, 411413050. 2019. Description of Mathematical Communication Ability in the Topic of Similarity and Congruence at Gradem.IX of junior High School SMP Negeri 1 Limboto in yhe academic year of 2018. Undergraduate Thesis. Gorontalo. Departement of Mathematics, Faculty of Mathematical and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd. Co-supervisor: Drs. Franky A. Oroh, M.Si This descriptive study is intended to describe mathematical communication ability at grade IX of junior High School SMPN 1 Limboto. The data were collected from the essay test of student' mathematical communication ability in the topic of similarity and Congruence. There were three indicator used to observe such an ability, including: (a) connecting real object, picture, and diagram with mathematics ideas, (b) solving mathematics ideas in the from of written from, and (c) writing the explanation of the answer to the problem systematically, reasonbly, clearly, and structural. The data were collected from an essay test on the topic of similarity and congruence to get in-depth information regarding mathematical communication ability. This study involved grade IX-3 of SMPN 1 Limboto in the first year in the academic year of 2018/2019 as the subject. The data were analyzed using descriptive and percentage analiysis. The result show that student' mathematical communication ability in the aforementioned topic is in a moderate category. It is quite diffcult for the student to express their mathematics ideas and interpret the problem in a written from, so that they are not able to handle or communicate the problem-solving. Moreover, the indicator 1 of connection real object, picture, and diagrams is the most unfulfilled indicator. Keyword: Mathematical Communication Ability, Similarity and Congrence
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011