SKRIPSI

Penulis / NIM
ANITA LASIMPALA / 411413053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
Anita Lasimpala, NIM. 411413053. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas VII di MTs Negeri 1 Bone Bolango". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd (2) NursiyaBito, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran NHT pada subpokok bahasan Segiempat. Penelitian eksperimen ini di lakukan di MTs Negeri 1 Bone bolango pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan rancangan post test only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Bone bolango. Pengambilan sampel di lakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan komunikasi matematis dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan komunikasi berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dari model pembelajaran NHT, yang ditunjukkan oleh adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 34,41 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 24,05. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui t-test dengan tarafnyata 0,05 dan dk = 42 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 5,61 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,68, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, kemampuan komunikasi matematis antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Segiempat.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011