Penulis / NIM
NUR AINUN LAYA / 411413055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK
Nur Ainun Laya, NIM. 411 413 055. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII pada Materi Segiempat di SMP Negeri 1 Kabila". SKRIPSI. Gorontalo. Prodi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (2) Nurwan, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi segiempat. Penetian eksperimen ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Kabila pada semester genap 2016/ 2017 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabila yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa setiap kelas 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik simple random sampling. Dari sampel terpilih, kelas VII F sebagai kelas ekperimen, yaitu kelas yang diterapkan model pembelajaran koperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan kelas B sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa di kelas yang dibelajarkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan kelas yang dibelajarkan model pembelajaran langsung.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar, Segiempat.
ABSTRACT
Laya, Nur Ainun. Student ID 411 413 055. "The Influence of Cooperative Learning Model "Teams Games Tournament" (TGT) on Mathematics Learning Outcome at Grade VII Junior High School SMP Negeri 1 Kabila". Undergraduate Thesis. Gorontalo. Department of Mathematics. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Universitas Negeri Gorontalo.
Participal Supervisor: (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd. Co-Supervisor: Nurwan, S.Pd, M.Si
The purpose of this research is to figure out the comparison among students' who are taught square shape learning material by using Teams Games Tournament (TGT) learning model and those who are taught by using direct learning method. This experimental research was conducted at Grade VII Junior High School SMP Negeri 1 Kabila, in the second semester of 2016/2017 with post-test only control group design. This research involved all of 7th Grade students in the site area as the research population, consisting of nine classes with 30 students in each class. The sample was selected by using simple random sampling technique. Students of Grade VII F were chosen as the experimental class that were treated with TGT learning model and student of Grade VII B were selected as the control class that was treated with direct learnig method. The result shows that there are significant differences among the students who are taught by TGT and direct learning model.
Keyword: Cooperative Learning Model "Teams Games Tournament (TGT), Learning Outcome, Square.
Download berkas