Penulis / NIM
SUSANTI USMAN / 411413056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Susanti Usman, 411413056. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Aritmetika Sosial Pada Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Tapa.
SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017.
Pembimbing : (1) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd, (2) Drs. Majid, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat mempengaruhi hasil belajar matematika pada materi aritmetika sosial. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Tapa semester genap tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan kelas VII-2 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yang diambil secara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika berbentuk objektif (pilihan ganda). Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi aritmetika sosial.
Kata Kunci : Hasil belajar matematika, tipe think pair share.
Download berkas