Penulis / NIM
HIDAYATI MOKOBOMBANG / 411413057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Hidayati Mokobombang, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bilangan Materi Bilangan Bulat pada Siswa Tunanetra Sekolah Luar Biasa. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (2) Drs. Majid, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu bilangan untuk materi bilangan bulat serta mengetahui respon dan peran media terhadap pemahaman siswa tunanetra. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan produk berupa media pembelajaran matematika kartu bilangan untuk siswa tunanetra. Model pengembangan yang digunakan adalah Model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDLB-A Bone Bolango. Hasil penelitian menunjukan kualitas media berdasarkan hasil validasi oleh validator yaitu sangat valid. Kepraktisan media berdasarkan evaluasi media oleh guru adalah sangat praktis dengan presentase yaitu 92,86 % . Peserta didik memberikan respon positif dengan presentase rata-rata 83% dan tes hasil belajar menunjukkan bahwa 66,7% siswa mencapai ketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu bilanga dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan media pembelajaran memiliki peran dalam meningkatkan pemahaman siswa tunanetra.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Model ADDIE, Materi
Bilangan Bulat, Siswa Tunanetra
Download berkas