Penulis / NIM
YELIAN DAMOPOLII / 411413059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
H.S. PANIGORO / 0001058501
Abstrak
Yelian Damopolii, 411 413 059. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Program Linier. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Penegtahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017.
Pembimbing : (I) Drs.Perry Zakarian, M.Pd (II) Hasan S.Panigoro,S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan yang dibelajarkan menggunakan pemebelajaran langsung pada amteri program linier.
Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Almamter Telaga Kabupaten Gorontalo tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 orang tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak, kemudian dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Hasilnya adalah kelas X-TGB yang terpilih sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning sedangkan kelas X-TKJ sebagai kelas yang akan dibelajarkan menggunakan pembelajaran langsung.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan matematika berbentuk uraian. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis dekriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk kelas eksperimen 46,76 dan skor rata-rata untuk kelas kontrol 42,24.
Sedangkan hasil analisis inferensial diperoleh melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t.
Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa thitung = 4,351 ternyata lebih besar dari nilai ttabel = 1,69 pada taraf kepercayaan = 0,05. Dengan demikian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibelajarkan dengan menggunakan model Problem Based learning lebih tinggi dari kemmapuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pemebelajaran langsung materi program linier.
Kata kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Program Linier
Download berkas