SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMMAD RIJAL MANOSSOH / 411413063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK Muhammad Rijal Manossoh. NIM. 411 413 063. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Sudut Pusat, Busur, dan Juring Lingkaran. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing : (1). Prof. Dr. H. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd (2) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd Penelitian ini bertujuan Untuk melihat apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada sub materi sudut pusat, busur, dan juring lingkaran dan Membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Biru tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 103 orang dan tersebar dalam empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay/uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa skor rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numberet Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan Model pembelajaran Langsung yakni masing-masing (X_1 ) ... = 73,58 dan (X_2 ) ... = 67,39. Berdasarkan analisis inferensial ANAKOVA, diperoleh Fhitung > Ftabel atau 15,694 > 4,05 maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Hasil Belajar, Sudut Pusat, Busur, dan Juring Lingkaran.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011