Penulis / NIM
ZULVIQRY DWICAHYO MOHIDDIN / 411413065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK
Zulviqry Dwicahyo Mohiddin. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMK Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Tedy Machmud, M.Pd, (II) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung, pada materi geometri. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMK Negeri 2 Gorontalo pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan rancangan Posttes Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Perhotelan SMK Negeri 2 Gorontalo dan sampel penelitian diambil 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan realibilitas instrument. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model problem based learning lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data melalui uji t tes diperoleh nilai thitung lebih tinggi dari nilai ttabel (thitung > ttabel = 4,18 > 2,01, dengan = 0,05 dan dk = 48).
Kata Kunci: Geometri, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning.
Download berkas