Penulis / NIM
SITTI RAHMA GITA GAGULU / 411413074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK
Sitti Rahma Gita Gagulu. 411413074. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Materi Garis dan Sudut Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Di Kelas VII SMP Negeri 14 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Drs. Yus Iryanto Abas, M.Pd. (2) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si, M.Pd.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi garis dan sudut dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.
Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII-3 di SMP Negeri 14 Gorontalo tahun ajaran 2016/2017. Hasil test awal dikelas VII-3 rata-rata untuk tiap indikator masih tergolong rendah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil observasi kegiatan guru mencapai 71,01% ,observasi aktivitas peserta didik mencapai 62,22%, dan tes hasil belajar peserta didik mencapai 34,58%. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 100%, observasi aktivitas peserta didik mencapai 100%, sedangkan tes hasil belajar peserta didik mencapai 87,10%
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran telah berhasil karena peserta didik telah mampu meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : Garis dan Sudut, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Talking Stick.
Download berkas