Penulis / NIM
DWI ATMA OLII / 411413077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
ABSTRAK
Dwi Atma Olii. NIM. 411 413 077. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Limboto. SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017.
Pembimbing : (1). Drs, Sumarno Ismail, M.Pd (2) Drs, Yus Iriyanto Abas, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan model guided discovery dan siswa yang dibelajarkan dengan model PBI. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Limboto.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan tes kemampuan berfikir kritis matematis dalam bentuk essay/uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen., Berdasarkan analisis inferensial (ANAKOVA) diperoleh bahwa model regresi kelas eksperimen dan kelas kontrol sejajar, konstanta dari model regresi linear kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan konstanta model regresi linear kelas kontrol dan hasil uji-t ANAKOVA. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara kemampuan berfikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan model guided discovery dengan yang diajar menggunakan model PBI pada materi luas permukaan dan volume kubus balok
Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kritis, Kubus dan Balok, Model guided discovery
Download berkas