Penulis / NIM
PUTRI EKAWATY KOBANDAHA / 411413078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
ABSTRAK
Putri Ekawaty Kobandaha , 2017. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tipe Analisis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Suatu Penelitian di SMP Negeri 3 Limboto). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Drs. Yus Iryanto Abas, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis atau menggambarkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas IX di SMP Negeri 3 Limboto. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah siswa antara lain (1) Kemampuan memahami masalah, (2) Kemampuan merencanakan pemecahan masalah, (3) Kemampuan melaksanakan rencana pemecahan masalah, (4) Kemampuan menjelaskan atau menginterpretasikan hasil penyelesaian dengan merumuskan kesimpulan. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tertulis, dan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 3 Limboto yang telah mempelajari materi sistem persamaan linear dua variabel pada semester genap pada tahun ajaran 2016. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ Verifikasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 3 Limboto pada materi sistem persamaan linear dua variabel tergolong sedang. Hal ini disebabkan karena secara umum siswa hanya mampu memenuhi sebagian indikator kemampuan pemecahan masalah atau belum memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah yang diukur dalam penelitian ini. Indikator yang paling banyak tidak dipenuhi oleh siswa adalah indikator I yaitu mengidentifikasi apa yang diketahui dan ditanyakan dan Indikator merencanakan pemecahan masalah yang dalam hal ini yakni memodelkan permasalahan yang ada dalam soal cerita.
Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Menyelesaikan soal Cerita Tipe Analisis, SPLDV
Download berkas