Penulis / NIM
ANGGRAINI SRI WULANDARI / 411413080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
Sri Wulandari, Anggraini. NIM. 411413080. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Garis dan Sudut. Suatu penelitian di SMP Negeri 1 Talaga Jaya.
SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2017.
Pembimbing : (1). Drs. Perry Zakaria, M.Pd, (2). Novianita Achmad, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah dengan model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dapat mempengaruhi hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Talaga Jaya. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-B yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dan kelas VII-C dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yang diambil secara Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika berbentuk objektif (pilihan ganda). Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi garis dan sudut.
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).
Download berkas