SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRA PULUHULAWA / 411413084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
Puluhulawa, Indra. 2017. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Timbangan Sederhana Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Linier Satu Variabel. Suatu penelitian di SMP Negeri 1 Batudaa. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Tedy Machmud, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Novianita Achmad, S.Si, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan alat peraga Timbangan Sederhana (Banser) dibandingkan dengan menggunakan media konvensional pada materi Persamaan Linier Satu Variabel. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 134 siswa tersebar pada 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak, kemudian dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakukan. Hasilnya adalah kelas VII1 terpilih sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan dengan alat peraga timbangan sederhana (Banser) sedangkan kelas VII4 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan media konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika berbentuk uraian. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk kelas eksperimen 15,60 dan skor rata-rata untuk kelas kontrol 13,32. Sedangkan hasil analisis inferensial diperoleh melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa thitung = 13,99 tenyata lebih besar dari nilai ttabel = 1,64 pada taraf kepercayaan = 0,05. Dengan demikian hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan alat peraga timbangan sederhana (Banser) lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media konvensional materi persamaan linier satu variabel. Kata kunci : Alat peraga timbangan sederhana (Banser), media konvensional.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011