SKRIPSI

Penulis / NIM
ISNAWATI KISMAN ABDUL / 411413088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK Isnawati Kisman Abdul. Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment (Pencapaian Konsep) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi pokok segiempat. (Studi Penelitian di Kelas VII SMP Negeri 1 Tapa). Skripsi, Program Studi Pendidikan Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I : Novianita Achmad, M.Si, Pembimbing II: Nursiya Bito, S,Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Concept Attainment lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, pada pokok bahasan segiempat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VII 6 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran concept Attainment sedangkan kelas VII 7 sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar. Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui data hasil belajar yang dianalisis melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Concept Attainment lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada pokok bahasan segiempat Kata Kunci: Hasil belajar matematika siswa, Model Concept Attainment, Segiempat
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011