Penulis / NIM
ASRIN W. I. GANI / 411413090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
Asrin W.I Gani. 2019. Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Matematika Kelas IX (Sembilan) di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, (2) Nancy Katili, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui kualitas butir soal USBN Matematika 2018 di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika yang digunakan dalam USBN matematika tahun ajaran 2017/2018. Unit analisis dalam penelitian ini adalah butir-butir soal dalam tes yang digunakan pada USBN. Analisis kualitas butir soal mengacu pada tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Kualitas butir soal USBN dianalisis dari lembar jawaban siswa. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa kualitas butir soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Matematika kelas IX di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo tahun ajaran 2017/2018 adalah 7 butir soal berkualitas baik dan 23 butir soal berkualitas kurang baik. Butir soal yang kurang baik dapat dijadikan masukan buat guru sebagai bahan diskusi di kelas atau sebagai bahan evaluasi pembelajaran, agar dapat meningkatkan pembelajaran melalui ambiguitas soal dan keterampilan tertentu yang menyebabkan peserta didik sulit.
Kata Kunci: Kualitas Butir Soal
Download berkas