Penulis / NIM
MARYAM G. BAUDI / 411413094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Maryam G. Baudi. Nim. 411413094. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo.
SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017.
Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud,M.Pd (2) Drs. Majid. M.Pd,
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Kemampuan pemahaman konsep matematis yang di belajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan kemampuan pemahaman konsep matematis yang di belajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi Lingkaran. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 191 orang dan tersebar dalam 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Lingkaran.
Download berkas