SKRIPSI

Penulis / NIM
NURMAYANTI AMILI / 411413096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK Nurmayanti Amili. Nim. 411413096. Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Boliyohuto Pada Materi Lingkaran. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematiika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2018. Pembimbing :(1) Dr. Tedy Machmud,M.Pd (2) Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Kemampuan pemahaman konsep matematis yang di belajarkan dengan model pembelajaran Make a Match dengan kemampuan pemahaman konsep matematis yang di belajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi Lingkaran. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boliyohuto tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 109 orang dan tersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakann instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument.Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa skor rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make a Match lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep matematis yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Langsung, yakni masing-masing = 32.8 dan = 24.84 . Hal ini juga dapat dibuktikan melalui tes dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 48 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 2.61. Untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,67, sehingga H0 ditolak dan dengan kata lain H1 diterima. Dengan demikian, ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Lingkaran, Model Pembelajaran Make a Match.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011