Penulis / NIM
JURIYANTI PAHABU / 411413100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Juriyanti Pahabu. Nim 411413100. Penerapan Pendekatan Matematika realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Pecahan Dikelas V (Suatu Penelitian Yang Dilaksanakan Di SDN 9 Dungaliyo Kab.Gorontalo) Skripsi Gorontalo, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo.2017
Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud M.Pd (2) Drs.Yamin Ismail, M.Pd
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistic pada materi Pecahan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V di SDN 9 Dungaliyo Kab. Gorontalo tahun ajaran 2018/2019. Siswa yang diteliti berjumlah 18 siswa, yakni laki-laki sebanyak 7 siswa dan perempuan sebanyak 11 siswa dengan tingkat kemampuan yag berbeda-beda baik rendah, sedang hingga berkemampuan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil observasi kegiatan guru mencapai 88,398 % dengan kriteria baik, observasi kegiatan aktivitas siswa mencapai 72,5 %, sedangkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa mencapai 27,78 %. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 93,758 %, observasi aktivitas siswa mencapai 80 % sedangkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa mencapai 77,78 %. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik telah berhasil meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Pendekatan Matematika Realistik, Pecahan.
Download berkas