SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR ANGRAINI K. HASAN / 411413104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
Nur Angraini K. Hasan, NIM. 411413104. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Statistika". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe time token lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada subpokok bahasan statistika. Penelitian eksperimen ini di lakukan di Madrasah Aliyah Negeri Limboto pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan rancangan post test only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Limboto. Pengambilan sampel di lakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan komunikasi matematis dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe time token lebih baik dari model pembelajaran langsung, yang ditunjukkan oleh adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 33,67 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 20,67. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui t-test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 40 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 4,88 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,68, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, kemampuan komunikasi matematis antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaraan kooperatif tipe time token terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token, Statistika.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011