SKRIPSI

Penulis / NIM
SELFIANI / 411413106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
RESMAWAN, S.Pd., M.Si / 0013048801
Abstrak
ABSTRAK Selfiani. NIM. 411413106. "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Limboto Barat". SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi kubus dan balok. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 3 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post Test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Limboto Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan berpikir kreatif matematis dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan berpikir kreatif matematis berbentuk tes uraian. Instrument ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) lebih baik dari pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada analisis data mengenai ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, diperoleh nilai t-test (thitung) sebesar 1,859 sedangkan ttabel 1,684. Dengan demikian t_hitung>t_tabel yaitu 1,859>1,684 sehingga menolak H0 dan menerima H1, yang artinya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi kubus dan balok. Kata Kunci :Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kubus dan Balok ABSTRACT Selfiani. Student ID. 411413106. "Influence of Problem-Based Learning Model towards students' Creative Mathematical Thinking Ability at Cube and Cuboids Topics at Class VIII of SMPN 3 Limboto Barat". SKRIPSI. Department of Mathematics Education. Faculty of Mathematics and Natural Science. State University Of Gorontalo. 2017. This research aims to investigate whether or not there is influence of Problem-Based Learning Model towards students' creative mathematicak thinking ability at cube and cuboids topics. This is experimental research conducted at class VIII of SMPN 3 Limboto Barat, District of Gorontalo at even semester, academic year of 2016/2017. Research design of this research uses Post Test Only Control Design. Population of this research are all VIII classes of SMPN 3 Limboto Barat. Samples of the research are determined by using Simple Random Sampling. Measurement of creative mathematical thinking is done by using instrument of essay test. This instrument has met validity and reliability requirement. Based on research finding, implementation of Problem-Based Learning model is better than direct learning as it was shown by data analysis of influence existence of the learning model towards students' creative mathematical thinking ability which obtains value of t-test (tcount) for 1,859 while ttable for 1,684. Therefore, tcount is higher than ttable namely 1,859 > 1,684, thus H0 is rejected and H1 is accepted. This means that students' creative mathematical thinking ability who are taught by Problem-Based Learning model is higher than those who are taught by direct learning. Therefore, there is significant influence of Problem-Based Learning model towards students' creative mathematical thinking ability at cube and cuboids topics. Keywords: Creative Mathematical Thinking Ability, Problem-Based Learning Model, Cube and Cuboids
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011