Penulis / NIM
SRI NIRWANA MOHAMAD AGUS / 411413109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Sri Nirwana, NIM. 411413109. "Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango". SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017.
Dibimbing Oleh : (I) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (II) Drs. Majid, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap peningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VIII semester genap tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila. Sampel penelitian adalah kelas yang dibelajarkan dengan pendekatan Problem Posing dan kelas yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional yang diambil secara Simple Random Sampling. Instrument pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan komunikasi matematik berbentuk tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematik yang dibelajarkan dengan pendekatan Problem Posing lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematik yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Pendekatan Problem Posing, Bangun Ruang Sisi Datar.
Download berkas