Penulis / NIM
INKA SUCITA PAPUTUNGAN / 411413122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Pembimbing 2 / NIDN
RESMAWAN, S.Pd., M.Si / 0013048801
Abstrak
Inka Sucita Paputungan, 411 413 122. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Media GeoGebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Geometri Transformasi Di SMK Almamater Telaga. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017.
Pembimbing : (I) Nursiya Bito,S.Pd, M.Pd (II) Resmawan, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran Geogebra dibandingkan dengan menggunakan media konvensional pada materi Geometri Transformasi.
Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMK Almamter Telaga Kabupaten Gorontalo tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 91 orang tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak, kemudian dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Hasilnya adalah kelas XI-TGB yang terpilih sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran GeoGebra sedangkan kelas XI-TKJ sebagai kelas yang akan dibelajarkan menggunakan konvensional.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika berbentuk uraian. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis dekriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk kelas eksperimen 46,41 dan skor rata-rata untuk kelas kontrol 42,29.
Sedangkan hasil analisis inferensial diperoleh melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t.
Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa thitung = 4,034 ternyata lebih besar dari nilai ttabel = 1,69 pada taraf kepercayaan = 0,05. Dengan demikian hasil belajar matematika siswa dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran GeoGebra lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media konvensional materi geometri transformasi.
Kata kunci : Geometri Transformasi, Hasil Belajar, Media Pembelajaran GeoGebra
Download berkas