SKRIPSI

Penulis / NIM
JONI / 411413124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK JONI. Nim 411413124. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Mengoptimalkan Alat Peraga pada Materi Kubus dan Balok (Suatu Penelitian Yang Dilaksanakan Di kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Limboto). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Sarson Pomalato, M.Pd(2) Nurwan, S.Pd. M.Si Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Mengoptimalakan Alat Peraga pada Materi Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil pengamatan aktivitas kegiatan guru dan pengamatan aktivitas peserta didik sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil peserta didik pada siklus I yang rata-rata mencapai 86,30%. Berdasarkan uraian diatas, maka kesimpulan penelitian ini adalah"Jika metode pembelajaran penemuan terbimbing dengan mengoptimalkan alat peraga digunakan pada pembelajaran materi kubus dan balok, maka akan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Limboto". Kata Kunci : Hasil belajar, Penemuan Terbimbing, Alat Peraga, Materi Kubus dan Balok. ABSTRACT JONI. Nim 411413124. Improving Students' Mathematics Learning Outcomes Through Guided Learning Learning Methods by Optimizing Display Tools on Cube and Beam Materials (A Study Implemented In Grade VIII-2 SMP Negeri 2 Limboto). Essay. Gorontalo. Department of Mathematics Mathematics Education Studies Program Faculty of Mathematics and Natural Sciences (MIPA). State University of Gorontalo. 2017. Counselor: (1) Prof. Dr. Sarson Pomalato, M.Pd (2) Nurwan, S.Pd. M.Si This classroom action research is conducted to improve students' learning outcomes through guided invention learning method by optimizing props on cube and beam material in class VIII SMP Negeri 2 Limboto. The results of this study showed that the results of observations of teacher activity activities and observation of the activities of students have met the criteria that have been determined. This can be evidenced by the acquisition of the results of learners in the first cycle which averaged 86.30%. Based on the description above, it can be concluded that "If the learning model of guided discovery by optimizing props used in learning the material of cubes and blocks, it will improve student learning outcomes of grade VIII-2 SMP Negeri 2 Limboto". Keywords: Learning outcomes, Guided Discovery, Display Tools, Cube Materials and Beams
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011