Penulis / NIM
YACOB ABDULLAH / 411413128
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
Yakop Abdullah. 411413128. 2020. Hubungan antara cara belajar matematika dengan hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran matematika. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi pada penelitian ini di bawah bimbingan. Pembimbing I Bapak Nurwan, S.Pd., M.Si dan Pembimbing II Ibu Dewi Rahmawati Isa, S.Si., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu hubungan antara cara belajar matematika dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode survei dengan teknik korelasional, yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilango tahun ajaran 2020-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2020-2021 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah populasi 64 siswa. Sebelum digunakan instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya kepada 28 orang siswa yang diluar sampel. Analisi data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis deskriptif dan korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara cara belajar matematika dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan kepada guru agar dalam pembelajaran matematika, mampu mempengaruhi siswa agar selalu menerapkan dan menciptakan cara belajar yang baik dan efisien, sehingga siswa dapat menerima dan memahami dengan baik mateari pelajaran yang diberikan.
Kata Kunci: Cara Belajar Matematika, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas