Penulis / NIM
SITTI ZULFADLIYANSI / 411413130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Sitti Zulfadliyansi. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, dan Pembimbing II Drs. Majid, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian yaitu "Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran interaktif dan media pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika?" Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yamg dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dan media pembelajaran konvensional pada materi Transformasi. Subyek penelitian adalah siswa SMK Almamater Telaga kelas XI, jurusan TKR dan TKK. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan tes.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan yang diajar menggunakan media pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data melalui uji anakova. Media pembelajaran interaktif dan media pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika, keduanya memberikan dampak positif yang berbeda signifikan terhadap kemampuan pehaman konsep matematika siswa kelas XI SMK Almamater Telaga.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Media Pembelajaran Interaktif, Transformasi.
Download berkas