Penulis / NIM
RUSYDIY / 411413131
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Pembimbing 2 / NIDN
RESMAWAN, S.Pd., M.Si / 0013048801
Abstrak
ABSTRAK
Rusydiy, NIM. 411413131. Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Di Kelas IX SMP Negeri 2 Kabila. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2019. Pembimbing : (1) Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd (2) Resmawan, S.Pd., M.Si
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis atau menggambarkan pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 2 Kabila. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan pemahaman konsep matematika sisiwa antara lain (1) Menyatakan ulang sebuah konsep, (2) Mengklasifikasi obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya), (3) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, (4) Mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah, tes tertulis, dan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai pemahaman konsep matematika siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kabila yang telah mempelajari materi bangun ruang sisi lengkung. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 2 Kabila tergolong sedang. Hal ini disebabkan karena secara umum siswa hanya mampu memenuhi sebagian indikator pemahaman konsep matematika.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Bangun Ruang Sisi Lengkung.
Download berkas