SKRIPSI

Penulis / NIM
WARIN BEMPA / 411414025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. H. ISMAIL DJAKARIA, M.Si / 0024026403
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Abstrak
Warin Bempa. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Metematika Pada Materi Tabung Dan Kerucut Dengan Menggunakan Media Animasi Di Kelas IXA SMP Negeri 5 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Drs. Ismail Djakaria, M.Si, dan Pembimbing II Dr. Ali Kaku, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan mengetahui efektifitas penggunaan media animasi dalam meningkatakan hasil belajar matematika pada materi tabung dan kerucut. Media animasi tersebut dibuat dengan menggunakan sebuah aplikasi matematika (Geogebra). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tindakan setiap siklus dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui hasil pengamatan aktivitas siswa, hasil pengamatan kegiatan guru, dan tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika pada materi tabung dan kerucut dengan menggunakan media animasi. Kata Kunci: Media Animasi, Aplikasi Matematika (Geogebra), Hasil Belajar Matematika Bempa, Warin. 2018. Improving Math Lerning Outcomes on Cylinder and Cone using Animation Media in Grade IXA Junior High School SMP Negeri 5 Gorontalo. Undergraduate Thesis. Gorontalo. Departement of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Principal Supervisor: Dr. Drs. Ismail Djakaria, M.Si, Co-Supervisor: Dr. Ali Kaku, M.Pd. The objective of this research is to improve the math learning outcomes and indentifying the effectiveness of media animation usage in improving math learning outcomes on cylinder and cone. The animation media is conducted in two cycles. Treatments in every cycle involve planning, execution supervision & evaluation, and reflection. Research data is obtained by student activity's observation results, teacher activity's observation results, and math learning outcomes tests. The results from cycle I and II show that there are improvements in math learning outcomes on cylinder and cone using Media Animation. Keywords: Media Animation, Aplikasi Matematika (Geogebra), Math Learning Outcomes
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011