Penulis / NIM
NUR HAYATI ABDULLAH / 411414027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Abstrak
Nur Hayati Abdullah, NIM. 411414027. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila. SKRIPSI. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2020.
Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd, (2) Dr. Arfan Arsyad, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi barisan dan deret. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di kelas XI semester genap tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah kelas XI SMA Negeri 1 Kabila dengan jumlah 30 responden dari lima kelas yang dipilih berdasarkan tingkat kemampuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay pada materi barisan dan deret untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis matematis dan wawancara untuk memperkuat informasi yang diperoleh dari pemberian tes yang telah divaidasi oleh ahli dan secara empirik. Untuk melihat kemampuan berpikir kritis digunakan 4 indikator yaitu : (a) Analisis, (b) Sintesis, (c) Memecahkan Masalah dan (d) Menyimpulkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango tergolong sedang.
Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Barisan dan Deret
Download berkas