Penulis / NIM
CIKA VERONIKA UNO / 411414033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK
Cika Veronika Uno, NIM. 411414033. Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Pada Materi Geometri Transformasi Dikelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2018.
Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Dra. Kartin Usman,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa materi geometri transformasi kelas XI SMA negeri 1 Gorontalo Utara. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo Utara sebanyak 271 siswa. Sampel penelitian sebanyak 29 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi geometri transformasi dalam bentuk tes essay. Untuk melihat penguasaan konsep siswa digunakan 4 indikator yaitu : (a) menyajikan pernyataan secara lisan,tulisan,dan gambar, (b) mengajukan dugaan dalam menentukan penyelesaian, (c) melakukan manipulasi matematika, (d) menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberi beberapa alasan atau bukti terhadap beberapa solusi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa tergolong kategori sedang. Untuk indikator menyajikan pernyataan secara lisan, tulisan, dan gambar terdapat 89,65 % pada kategori tinggi, 10,35% berada pada kategori sedang dan 0 % berada pada kategori rendah. Untuk indikator mengajukan dugaan dalam menentukan penyelesaian yaitu 24,13% berada pada kategori tinggi, 65,91 % berada pada kategori sedang dan 10,35 % berada pada kategori rendah. Indikator dapat melakukan manipulasi matematika yaitu 24,13 % berada pada kategori tinggi, 65,91 % berada pada kategori sedang dan 10,34 % berada pada kategori rendah. Dan untuk indikator dapat menarik kesimpulan, menyusun bukti,memberi beberapa alasan atau bukti terhadap beberapa solusi yaitu 24,13% berada pada kategori tinggi, 65,91 % berada pada kategori sedang, 10,34% berada pada kategori rendah.
Kata kunci : Kemampun Komunikasi Matematika , Geometri Transformasi
Download berkas