SKRIPSI

Penulis / NIM
WISNA W. AKUBA / 411414036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
ABSTRAK Wisna W. Akuba. Hubungan antara Kemampuan Awal Matematika dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Skripsi pada penelitian ini di bawah bimbingan. Pembimbing I Bapak Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Nancy Katili, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan awal matematika dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Gorontalo tahun ajaran 2017-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2017-2018 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah perkelas 30 siswa dan jumlah keseluruhan berjumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel sebanyak 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 30 siswa yang diambil secara Simple random sampling dari 4 kelas, dengan jumlah perkelas 7 sampai 8 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran instrumen tes pada kedua variabel baik kemampuan awal matematika dengan hasil belajar siswa, untuk memperoleh data pada mata pelajaran matematika. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data kemampuan awal matematika dan data hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat hubungan yang positif antara kemampuan awal matematika dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 13 Gorontalo. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,566 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,32036, atau memiliki makna kontribusi kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika sebesar 32,036%. Kata Kunci : Kemampuan Awal Matematika dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011