SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD RIZAL BEMPA / 411414040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
SITI ZAKIYAH, S.Pd., M.Pd / 0013108703
Abstrak
ABSTRAK Mohamad Rizal Bempa, NIM. 411414040. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal pada Operasi Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 13 Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2018. Pembimbing : (1) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd, (2) Siti Zakiyah, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada operasi bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 13 Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 23 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari tes uraian dan wawancara. Untuk mengidentifikasi kesalahan siswa digunakan 4 indikator kesalahan yaitu : fakta, konsep, prinsip, dan operasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Untuk indikator kesalahan fakta menunjukkan bahwa jumlah siswa yang melakukan kesalahan fakta sebesar 25,29%, untuk indikator kesalahan konsep sebesar 42,20%, selanjutnya indikator kesalahan prinsip sebesar 24,27%, dan indikator kesalahan operasi sebesar 38,03%. Kemudian faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah siswa belum memahami penerapan fakta, konsep, prinsip, dan operasi pada materi operasi bentuk aljabar, kurangnya ketelitian siswa dalam memahami bentuk soal dan kurangnya ketelitian siswa dalam proses menyelesaikan soal tersebut. Kata kunci : Identifikasi Kesalahan, Operasi Bentuk Aljabar ABSTRACT Bempa, Mohamad Rizal. Student ID: 411414040. Identification of Students Mistakes in Solving Algebra Operation: A Research Conducted at Class VIII, Junior High School SMP Negeri 13 Gorontalo. Undergraduate Thesis. Gorontalo. Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. 2018 Principal Supervisor: Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd. Co-supervisor: Siti Zakiyah, S.Pd.,M.Pd The objective of this descriptive research is to identify students mistakes in solving algebra operation. It was conducted at class VIII, Junior High School SMP Negeri 13 Gorontalo. As many as 23 students were selected as the sample by using simple random sampling. Essay tests and interview were used to generate the data of research. There are four indicators used in identifying students mistakes, i.e. fact, concept, principle, and operation. The result reveals that some students find it difficult to solve algebra operations. The percentage of the aforementioned indicators show that 25.29% of students commit mistakes regarding the fact, 42.20% students are having a hard time in the aspect of concept, and 24.27% and 38.03% of students are perplexed in the aspects of principle and operation of Algebra respectively. Such issues blame some factors, e.g., the lack of students understanding regarding the application of fact, concept, principle, and operation of algebra. Moreover, students lack of thoroughness in understanding and solving the operation also contributes to the inability to accomplish the mathematical test. Keywords: Identification of Mistakes, Algebra Operation
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011