Penulis / NIM
AMALIA RAHMAWATI HULOPI / 411414042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK
Amalia Rahmawati Hulopi, NIM. 411414042. â�Å"Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Materi Limas dan Prisma di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Boneâ�Â. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2020.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Evi P. Hulukati, M.Pd, (2) Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya kognitif pada materi limas dan prisma di kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Bone serta untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi dari field dependent. Penelitian ini adalah penelitian deskriktif. Subjek penelitian sebanyak 29 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen tes GEFT (Group Embedded Figure Test) serta instrumen tes kemampuan penalaran matematis dalam bentuk tes essay pada materi limas dan prisma. Untuk melihat kemampuan penalaran matematis digunakan 5 indikator yaitu: (a) menyajikan pernyataan matematis secara tertulis, (b) mengajukan dugaan, (c) menemukan pola atau sifat dari gejala matematis, (d) melakukan manipulasi matematika, dan (e) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki gaya kognitif field independent sebesar 80,42% dan untuk siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent sebesar 54,72%. Dan berdasarkan pengujian hipotesis, didapatkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi dari siswa field dependent.
Kata Kunci : Kemampuan penalaran matematis, Gaya kognitif
Download berkas