Penulis / NIM
SITI RAMLAN WARTABONE / 411414052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Siti Ramlan Wartabone, NIM. 411414052. ..."Identifikasi Tahap Berpikir Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran dikelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Bone. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2019.
Pembimbing: (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd, (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persentase kemampuan peserta didik pada masing masing tahap berpikir geometri berdasakan teori Van Hiele pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Bone. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif (persentase). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang dilakukan pada subjek yang terpilih. Metode tes digunakan untuk mencari persentase kemampuan peserta didik pada masing-masing tahap berpikir geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan tahap sebagai berikut: (1) Tahap Pengenalan/Visualisasi, (2) Tahap Analisis, (3) Tahap pengurutan, (4) Tahap deduksi, (5) Tahap Rigor/Keakuratan. Hasil dari identifikasi ini adalah, persentase kemampuan peserta didik pada tahap Pengenalan/Visualisasi sebesar 84.17 %, pada tahap Analisis sebesar 65 %, pada tahap Pengurutan sebesar 20.56 %, pada tahap Deduksi sebesar 15 %, dan pada tahap Rigor/Keakuratan sebesar 0 %.
Kata kunci: Tahap berpikir, geometri, teori Van Hiele
Download berkas