Penulis / NIM
MOHAMAD SYAHRUL GOBEL / 411414053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Mohamad Syahrul Gobel. 411414053. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo.Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd. (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn learning cycle 5E terhadap hasil belajar matematika di Kelasn XI SMA Negeri 1 Gorontalo pada materi jumlah dan selisih sinus dan cosinus. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only control. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-Ipa SMA Negeri 1 Gorontalo. Sampel penelitian ini adalah kelas XI-Ipa 4 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E dan Kelas XI-Ipa 1 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Teknik Pengambilan sample dengan menggunakan Simple Random Sampling. Instumen Penelitian inin adalah tes hasil belajar matematika yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data terdiri dari 2 tahap, yaitu analisis deskriptif dan analisis infersial. Analisis deskriptif meliputi distibusi data hasil belajar siswa. Analisis infersial meliputi uii normalitas data dan uji homogenitas varians. Uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E lebih tinggi dari hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Jumlah dan Selisih Sinus dan Cosinus, Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Model Pembelajaran Langsung
Download berkas