SKRIPSI

Penulis / NIM
DEWI FATMAWATY UNE / 411414055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Dewi Fatmawaty Une, 2018. Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Kemampuan Kognitif Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Prodi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan teknik korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan kemampuan kognitif pada materi lingkaran. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian sebanyak 119 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. angket untuk memperoleh data gaya belajar, sedangkan tes untuk memperoleh data kemampuan kognitif siswa pada materi lingkaran. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji analisis regresi dan korelasional. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh hasil yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar dengan kemampuan kognitif pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Adapun kontribusi gaya belajar yang diberikan atas kemampuan kognitif siswa pada materi lingkaran sebesar 9.14%. Nilai tersebut menunjukan pengaruh yang diberikan gaya belajar atas kemampuan kognitif siswa. Dari hasil yang diperoleh memberikan informasi bahwa kurangnya dalam memilih dan memahami setiap gaya belajar siswa berpengaruh pada tinggi rendahnya kemampuan kognitif khususnya pada materi lingkaran meskipun kontribusi yang diberikan sebesar 9.14%, namun hal ini bukan berarti untuk dibiarkan tetapi perlu disadari dan menjadi bahan perhatian dari guru maupun dari pihak sekolah sebagaimana hipotesis penelitian yang berbunyi : terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar dengan kemampuan kognitif pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto kabupaten Gorontalo teruji. Kata Kunci : Gaya Belajar, Kemampuan Kognitif, Lingkaran.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011