Penulis / NIM
SAIFUL KASIM / 411414056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK
Saiful Kasim, NIM. 411414056. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2018.
Pembimbing : (1) Drs.Perry Zakaria, M.Pd, (2) Dra. Kartin Usman, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal ada materi teorema pythagoras. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Telaga dengan jumlah siswa 19 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu berdasarkan pertimbangan tertentu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif (presentase). Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes uraian dan wawancara. Untuk mengidentifikasi kesalahan siswa digunakan 4 indikator kesalahan yaitu : fakta, konsep, prinsip, dan operasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presentase dari setiap indikator kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Telaga dari total semua soal pada materi teorema pythagoras yaitu : (1) Indikator kesalahan fakta sebesar 16,83 %, (2) Indikator kesalahan konsep sebesar 21,04 %, (3) Indikator kesalahan prinsip sebesar 62,10 %, (4) Indikator kesalahan operasi sebesar 40,52%. Dari keempat indikator kesalahan yang diukur dalam penelitian ini didapatkan bahwa kesalahan yang dominan dilakukan siswa adalah kesalahan prinsip dengan rata-rata presentase sebesar 62,10 %. Dengan demikian dapat diketahui secara jelas bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi teorema pythagoras di kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Telaga.
Kata kunci : Identifikasi Kesalahan, Teorema Pythagoras
Download berkas