SKRIPSI

Penulis / NIM
ABDUL SALMAN PAKAJA / 411414059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
ABDUL SALMAN PAKAJA, 411 414 059. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education di Kelas VII SMP Negeri Widyakrama. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuam Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2020 Pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (2) Nancy Katili, S.Pd., M.Pd Penelitian dilakukan di kelas VII1 SMP Negeri Widyakrama dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Dua pertemuan pemberian materi dan satu pertemuan tes hasil belajar. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan tes objektif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes objektif. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education di kelas VII1 SMP Negeri Widyakrama dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini ditujukan pada tes hasil belajar matematika mengalami peningkatan dari 60% di siklus I menjadi 88% di siklus II Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Realistic Mathematics Education, materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011