Penulis / NIM
SRI RAHAYU LESTARI ANNUR / 411414071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
ABSTRAK
Sri Rahayu Lestari Annur, NIM. 411414071. Analisis Penguasaan Konsep Pada Materi Bilangan Berpangkat Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Telaga. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2018.
Pembimbing : (1) Dra. Lailany Yahya, M.Si, (2) Drs. Franky Alfrits Oroh, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep pada materi bilangan berpangkat siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telaga sebanyak 268 siswa. Sampel penelitian sebanyak 23 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari tes penguasaan konsep pada materi bilangan berpangakt dalam bentuk tes essay. Untuk melihat penguasaan konsep siswa digunakan 4 indikator yaitu : (a) dapat menjelaskan konsep, (b) dapat menggunakan hubugan antar konsep, (c) dapat mengidentifikasi dalam berbagai situasi, (d) dapat menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penguasaan konsep pada materi Bilangan Berpangkat tergolong kategori rendah. Untuk indikator dapat menjelaskan konsep terdapat 0 % pada kategori sangat tinggi, 8,69% berada pada kategori tinggi, 52,17 % berada pada kategori sedang dan 39.13 % berada pada kategori rendah. Untuk indikator dapat menggunakan hubugan antar konsep yaitu 4,35 % berada pada kategori sangat tinggi, 13,04% berada pada kategori tinggi, 13,04 % berada pada kategori sedang dan 69,56 % berada pada kategori rendah. Indikator dapat mengidentifikasi dalam berbagai situasi yaitu 4,35 % berada pada kategori sangat tinggi, 13,04 % berada pada kategori sedang dan 69,56 % berada pada kategori rendah. Dan untuk indikator dapat menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah matematika yaitu 4,35% berada pada kategori sangat tinggi, 4,35 % berada pada kategori sedang, 91,3% berada pada kategori rendah dan tidak terdapat siswa yang berada pada kategori tinggi.
Kata kunci : Penguasaan Konsep , Bilangan Berpangkat
Download berkas