SKRIPSI

Penulis / NIM
MOH RIFAI R PAA / 411414074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
Moh. Rifai R Paa, NIM. 411414074. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang di Kelas VIIA MTs Kwalabesar Kabupaten Buol. SKRIPSI. Jurusan matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (2) Drs. Franky Alfrits Oroh, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang di kelas VIIA dan aktivitas siswa setelah dibelajarkan dengan model Problem Based Learning serta kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan model Problem Based Learning. Prosedur penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yaitu perencaaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian dilakukan di kelas VIIA MTs Kwalabesar Kabupaten Buol pada materi persegi dan persegi panjang dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika dan aktivitas siswa kelas VIIA MTs Kwalabesar Kabupaten Buol mengalami peningkatan karena penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning. Peningkatan tersebut berupa:(1) hasil pengamatan kegiatan guru mengelola pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning pada siklus I beroleh kategori baik dan sangat baik (55,56%), meningkat menjadi (88,89%) pada siklus II; (2) hasil pengamatan aktivitas siswa menggunakan model Problem Based Learning pada siklus I beroleh kategori aktif dan sangat aktif (37,50%), meningkat menjadi (87,50%). pada siklus II; dan (3) hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus I mencapai (40,91%) yang tuntas, meningkat menjadi (86,36%) yang tuntas pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Problem Based Learning, Persegi Dan Persegi Panjang.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011